Tuesday 12 November 2019

ARCA LEMBU NANDI

Area Arca Lembu Nandi di Kebun Raya Bogor


Lembu Nandi
 Selain menyimpan nilai ilmu pengetahuan, Kebun Raya Bogor (KRB) juga sarat dengan nilai sejarah. Beruntung, setiap hari Saya dapat menikmati aroma  kekentalan pengetahuan hayati dan sejarah. Tidak hanya ribuan koleksi hidup ditemukan di KRB, tetapi juga ada arca peninggalan kerjaan hindu, yaitu Arca Lembu Nandi. Pagi tadi (2/4/2019), Saya bincang-bincang dengan Pak Yudi Syarif, petugas kebersihan yang merawat sekitar area arca tersebut. Letaknya tidak jauh dari Pintu Masuk 1, tepatnya berdekatan dengan Pohon Raja (Koompassia excelsa). 

Dewa Siwa
 Arca ini seperti sosok yang ada di candi-candi Hindu Jawa Tengah. Menurut beberapa informasi, Lembu Nandi adalah Lembu suci berjenis kelamin wanita (Nandiswara) dan dapat terbang yang merupakan kendaraan Dewa Siwa untuk mengelilingi jagad raya. Konon, Arca ini diambil oleh arkeolog Belanda Dr. Friederich pada pertengahan abad 19 dari sebuah kolam kuno di daerah Kotabatu, Ciapus, Bogor.
Selain itu, di area arca juga terdapat prasasti bertuliskan aksara kuno. Ada yang menterjemahkan bahwa prasati tersebut berbunyi ‘’Tidak Jauh dari Sini Ada Kolam’’. Namun, menurut pengetahuan dan pengalaman Pak Yudi Syarif, prasati itu bertuliskan 2 syahadat yang dalam syariat Islam merupakan kepercayaan sekaligus pengakuan keesaan Tuhan. Jika pengunjung akan ziarah ke makam mbah jepra juga disarankan terlebih dulu mengunjungi arca ini. Tidak hanya Arca Lembu Nandi, tetapi di sisi-sisinya juga berjejer Arca Dewa Siwa dan 2 Ganesha tanpa kepala.





Ganesha














No comments:

Amorphophallus gigas Teijsm. & Binn

Amorphophallus gigas Teijsm. & Binn   Bunga langka koleksi Kebun Raya Bogor telah mekar sempurna pada Minggu (6/10/2019) den...